Kamis, 03 Juli 2014

pemanfaatan media dalam pembelajaran

pemanfaatan media dalam pembelajaran
 
 Istilah media berasal dari Bahasa Latin, yaitu dari kata “Mediaum” yang berarti perantara atau pengantar.
 
Secara Umum: Media mengandung makna ”segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi”. 
Dari pengertian tersebut, jika dikaitkan dengan media pembelajaran kita dapat mengambil pemahaman bahwa ”Media Pembelajaran” adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Klasifikasi Jenis Media Pembelajaran
Secara Umum: Dapat digolongkan atas 3 unsur pokok  yaitu: suara, visual, dan gerak. Dari tiga unsur pokok tersebut terbagi lagi menjadi 9 kelompok yaitu: 
1.   Media Audio (Siaran Radio)
2.   Media Cetak (Modul, Buku)
3.   Media Visual Diam (OHT)
4.   Media Visual Gerak (Film Bisu )
5.   Media Audio-Visual (TV,VCD)
6.   Media Objek Fisik (Benda nyata)
7.   Manusia dan Lingkungan (Guru, Pustakawan, Laboran)
8.   Komputer
9.   Internet
Prinsip Umum Pembuatan Media
Dalam merancang media pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:
1. Visible       =  Mudah dilihat
2. Interesting =  Menarik
3. Simple       =  Sederhana
4. Useful        =  Bermanfaat bagi si belajar
5. Accurate    =  Benar dan tepat sasaran
6. Legitimate =  Sah dan masuk akal
7. Structured  =  Tersusun secara baik
Manfaat Media Dalam Pembelajaran
Secara Umum:
 
Penggunaan Media dalam pembelajaran dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien
Secara Khusus:
  1. Dengan menggunakan Media, penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan 
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik 
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas 
  4. Efesien dalam waktu dan tenaga 
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar 
  6. Dengan media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja 
  7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan  proses pembelajaran 
  8. Merubah peran guru kearah yang lebih positif 
  9. Membuat pelajaran yang abstrak menjadi kongrit 
  10. Mengatasi ruang dan waktu 
  11. Membantu mengatasi keterbatasan indera manusia 
  12. Mampu menghadirkan objek yang langkah dan berbahaya di ruang kelas 
  13. Mampu memberikan kesan yang mendalam dan tahan lama pada diri si pelajar (siswa)
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, (1985) dijelaskan sebagai berikut:
  1. Dengan menggunakan media, penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik
  3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  8. Peran guru berubahan ke arah yang positif
Berdasarkan uraian tersebut, kita dapat memahami bahwa penggunaan media dalam pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru, maupun kepada peserta didik.
Namun perlu diingat, bahwa setiap guru harus memperhatikan karakteristik dan kemampuan masing-masing media agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media, sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan, pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.

0 komentar:

Posting Komentar